Lomba tingkat 1 merupakan sebuah kegiatan kepramukaan yang dikemas dalam bentuk kegiatan perkemahan. Di dalamnya terdiri dari rangkaian lomba  pramuka penggalang, api unggun gembira jelajah alam dan materi kepramukaan seperti jingle, istilah penting dalam pramuka dasar dan beberapa lagu pramuka. 

Lomba tingkat 1 gugus depan 09-055 & 09-056 pangkalan MTsN 2 Sidoarjo dilaksanakan pada hari Jumat hingga Sabtu tepatnya 21-22 Juli 2023. Upacara pembukaan dibuka setelah semua peserta melaksanakan salat Jum’at di masjid At-Taqwa MTsN 2 Sidoarjo. Upacara pembukaan dibuka khusus oleh  kepala Kwaran Krian Kak Lukman Hadi S.Pd M.S.I. Beliau hadir dengan sekretarisnya yaitu kak Arif dan telah menjabat sejak 2018 hingga saat ini. 

Sebagai kepala Kwaran, beliau merasa terhormat dan bangga memberikan sambutan serta pembukaan pada kegiatan lomba tingkat 1 di MTsN 2 Sidoarjo, sebab tidak semua sekolah atau Madrasah mendukung kegiatan kokurikuler ini.  “Madrasah ini benar-benar hebat, semua stakeholder saling mendukung dari atasan hingga bawahan dalam rangka menyukseskan perkemahan lomba tingkat 1 ini, semua peserta murid baru benar mempersiapkan dirinya dengan baik di tengah padatnya acara Matsama/MOS”, ucap Kak Lukman. Harapan kak Lukman kepada pangkalan MTsN 2 Sidoarjo untuk mempersiapkan diri menuju lomba tingkat 2 yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2023, sehingga Madrasah ini mampu dan diharapkan untuk mengikuti lomba tingkat 3 mewakili kwaran Krian. 

Lomba tingkat 1 menyuguhkan perlombaan sedikit berbeda dengan kapasitas yang lebih ringan namun tetap asyik dilaksanakan. Perlombaannya mulai dari hasta karya, kemampuan indra (KIM), PBB, Jingle, pentas seni, cerdas cermat (Scout Skill Competition). 

Malamnya dilanjut dengan kemeriahan api unggun gembira dan pentas seni yang dipandu oleh kakak pembina seperti Kak Wafiq kak Aji kak Rizal Kak anggun serta pendamping dari OSIS. menurut Kak Ely Mufida selaku ketua Pramuka MTsN 2 Sidoarjo, perbedaan lomba tingkat 1 tahun kemarin dengan tahun ini adalah tidak adanya Bimtal. Hal tersebut tidak lain dengan mempertimbangkan bahwa calon kelas 7 belum mendapatkan materi Pramuka wajib sehingga kesiapan mental dan tatap muka perlu dilakukan. 

Malamnya, upacara unggun gembira dipimpin oleh tim Pramuka Bhimasena MTsN 2 Sidoarjo dengan mengucapkan 10 Dasa Dharma. Api unggun tersebut dinyalakan oleh kak Haryadi sekaligus memberikan sambutan kepada seluruh peserta api unggun supaya mengambil nilai dari kebersamaan dan belajar hidup mandiri seperti yang telah diterapkan oleh Boden Powell dan Rasulullah SAW. Sabtu pagi (22 Juli 2023), peserta melaksanakan senam Pramuka dan melanjutkan jelajah alam serta susur sungai sepanjang desa Junwangi setelah menyeberangi beberapa sungai mereka melakukan sarapan pagi di sepanjang sungai. 

Ketika upacara penutupan berlangsung pukul 10.00WIB, Pak Hambali selaku wakil Kamabigus menyampaikan bahwa, apapun yang terjadi, dengan belajar hidup mandiri kita bisa dan mampu terjun bersosialisasi dan menyelesaikan masalah yang berada di tengah masyarakat serta memiliki kepribadian yang solid dengan tim dengan tidak menjadikan diri egois, mau menang sendiri. Penutupan lomba tingkat 1 ditutup dengan pemberian hadiah terbaik dan berjabat tangan dengan kakak pembina, pendamping serta peserta. Berikut regu yang memenangkan perlombaan serta solidaritas yang tinggi : Juara 3 pa, regu 27

Juara 2 pa, regu 22

Juara 1 pa, regu 28

Juara 3 pi, regu 10

Juara 2 pi , regu 12

Juara 1 pi,  regu 17

Penulis : Jurnalis Az-Zahra 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *