Malam puncak konfercab menandakan puncak acara Festival pelajar dan Pra konferensi IPPNU Sidoarjo Maret 2023. Acara perayaan tersebut menghadirkan sejumlah tamu penting seperti Wakil Bupati Sidoarjo Subandi S. H, kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Sidoarjo Tirto Adi. M.Pd., kepala Bakesbangpol, dan jajaran tinggi PCNU Sidoarjo.

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh anggota muda- mudi IPNU Se- Kabupaten Sidoarjo pada Sabtu, 4 Maret 2023.Berbagai lomba pada Festival Pelajar ini berupa Esai, Paduan suara, Bulutangkis, Tenis meja, Kurash dan salah satunya terdapat cabang lomba Fotografi Jurnalistik. MTs Negeri 2 Sidoarjo berhasil menyuguhkan potret kehidupan masyarakat Sidoarjo dan membawa pulang piala juara 2. Juara fotografi jurnalistik lainya adalah Juara 1 dari SMP Asa Cendekia, Tesya Surya Candra, dan juara 3 dari SMP PGRI 1 Buduran oleh Kenanya Risda.

Kelebihan hasil kurasi fotografi MTsN 2 salah satunya karena kesesuaian dengan tema lomba, yaitu “Kehidupan Sosial Masyarakat Sidoarjo”. Menurut panitia, foto tersebut sangat erat dengan tema, yaitu menceritakan tentang aktivitas setiap malam rabu di daerah Terung Wetan berbentuk budaya pasar malam. Apresiasi yang dibubuhkan dalam karya Budaya Pasar malem Rabu lebih pada kreativitas dalam mencari foto saat malam hari, kesesuaian foto dengan tema yang diminta, dan penceritaan foto. Hunting saat malam hari membutuhkan exposure, apertue, dan Shutter yang sesuai dengan cahaya di lokasi tersebut. Pengangkatan local wisdom sudah berhasil terpotret pada momen tersebut. Foto diambil oleh Ananda Josan Faliansyah 9A, Azzah Adilah 9D dan Radita W. Sugiati 9H, bersama segenap rekan jurnalis.

Selain itu, hadir juga karya favorit panitia yaitu salah satu karya Ahmad Nizam Falih Laksono 8C, mengangkat tema tentang “Peduli Jalan, Peduli Kehidupan”. Potret kepedulian yang tergambar di tiap sudut jalan merupakan sebuah momen yang epic untuk diabadikan. Baginya, pinggir jalan merupakan tempat pemberhentian dan singgah sebentar dari segala aktivitas. Acara pra konferensi oleh IPPNU bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini selain inagurasi pemberian hadiah, mereka juga melantik ketua pengurus IPPNU yang baru.

Pemberian trofi, uang, dan sertifikat hadiah di berikan oleh kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo Tirto Adi. M.Pd. Menurut salah satu panitia lomba fotografi Kak Uyun, semoga Kegiatan organisasi IPPNU lebih dikenal kalangan anak muda, sehingga bisa menimba ilmu lebih dari kegiatan masyarakat muda dan tentunya perlombaan tidak akan berhenti sampai disini, Kak Uyun menambahkan supaya tetap menjaga kualitas dan rasa dalam setiap foto yang diabadikan. Menurutnya total peserta secara keseluruhan dalam lomba fotografi berjumlah 48 perwakilan, dan untuk kategori siswa SMP/MTs terdapat 26 perserta yang lolos, karena tiap sekolah wajib hanya mengirim 1 putra dan 1 putri.

Dn. Wilda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *