MTS Negeri 2 Sidoarjo rentang bulan Maret awal sampai akhir selalu rutin membuka seleksi Penerimaan siswa baru. Terdapat 2 jalur masuk, yaitu Jalur Prestasi Akademik dan Non Akademik . Pembukaan tahun ajaran 2023/2024 untuk jalur prestasi dimulai pada tanggal 1 Maret sampai 3 Maret.

Menurut Mia Evyanti selaku sekretaris panitia PPDB, terdapat beberapa kendala terkait server di hari pertama, dikarenakan banyak yang mencoba log in, namun hal tersebut sudah teratasi setelah server dinonaktifkan sebentar. Selain itu, terdapat data yang ganda karena pendaftar belum yakin jika data yang mereka isi sudah masuk di database.

Tes jalur prestasi dilalui secara dua tahap, tahap pertama tes pengetahuan dasar ( meliputi IPA, Kewarganegaraan, IPS, B. INDO, Matematika) dan tes tahap ke dua adalah tes baca tulis Al-quran. Untuk pendaftar melalui prestasi (Tahfidz), akan menyelesaikan tes kemampuan tahfidz.

Banyak dari calon siswa hafal juz 30, juz 1-3. Peserta Tahfidz kurang lebih akan diambil 55-60 siswa dan dijadikan 2 kelas. Menurut Kambali selaku ketua PPDB, kita tetap menampung 10 rombel kelas dengan perkiraan tahun ajaran ini akan menampung 320 siswa.

Jumlah pendaftar jalur prestasi terdapat 263 dan pendaftar yang verifikasi terdapat 252. Dari hasil tes tulis dan Al-Qur’an, skor tertinggi diperoleh peserta atas nama Nizam Zaidan Gibran dengan total 608. Rata rata calon siswa yang diterima di jalur prestasi harus mendapatkan skor akhir minim 380 keatas.

Harapan seluruh panitia PPDB 2023, dengan dilaksanakan seleksi potensi akademik dan no akademik selain bisa memetakan kemampuan siswa, kualitas siswa Mts negeri 2 Sidoarjo semakin memberikan warna dan kharisma bagi visi misi madrasah.

Dn. Wilda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *