Edisi Profil pelajar Pancasila dan Profil Rahmatan Lilalamain.

Kurikulum merdeka semakin mewarnai pola pembelajaran MTs Negeri 2 Sidoarjo, salah satunya adalah pergantian tema. Tema yang diangkat pada bulan Februari 2023  menyinggung tentang sehat jiwa dan raga. Terwujudnya tema “Bangunlah Jiwa dan Raganya” merupakan buah pemikiran dari Tim profil Pelajar Pancasila dan P2RA dengan Mia Evyanti sebagai pembuat modul. 

Konsep kegiatan pada tema tersebut pada Minggu pertama tim bimbingan konseling dibawah Ririn Nuli Ida, menggandeng lembaga psikologi Aditama Surabaya. Kegiatannya berupa seminar parenting remaja dan sosialisasi tentang kesehatan mental dan bullying kepada siswa -siswi. Acara yang dilaksanakan pada 10 Februari 2023, tersebut memiliki output siswa mampu menciptakan beberapa gagasan poster tentang perilaku penyimpangan pada remaja dan pentingnya menjaga kesehatan mental.

Menurut Bu Intan Larasati sebagai konselor psikologi dari Aditama, pengetahuan siswa akan kesehatan mental sangat penting, karena sangat berpengaruh pada beberapa aspek kehidupan seperti kesehatan badan, kemauan akan mengetahui sesuatu, keminderan, gangguan tidur, serta mood. 

Pesan beliau kita harus mencari pertolongan dengan bicara dengan orangdewasa yang mampu, seperti guru, orang tua, maupun kakak yang sudah matang. Dengan mau berbicara untuk memetakan masalah, kita sudah membantu diri sendiri menyelesaikan kecemasan dan ketidaknyamanan diri. 

Tips mengatasi diri sendiri dari kecemasan menurut Intan Larasati adalah, menerima semua bentuk kondisi diri. Jika marah, nangis, tidak bisa melakukan ini, kita harus sadar dan menerima sebagai bagian dari diri kita. Setelah itu konsultasikan kepada orang tua atau guru bimbingan konseling. Mencari lingkungan yang positif sangat mendukung bagaimana nantinya kamu berfikir dan peluang mendapatkan motivasi dan perilaku hidup yang lebih baik.

Selebrasi dilaksanakan pada 16 Februari 2023. Disambut hangat oleh Agus Suwito M.Pd.I dan dilanjutkan senam pelajar Pancasila. Khusus konsep bangunlah raganya, tim olahraga, Sri Ekowati menggalakkan lomba senam dengan iringan lagu daerah. Nantinya selain senam, terdapat penyajian tampilan poster di sudut lapangan. Juara poster diambil juara 1,2,3. Juara 1 diraih oleh kelas 7G Sekar dan juara 2,3 dari kelas 7E yaitu Elmira, Nadya M. Senam daerah sendiri juara 1 dimenangkan oleh 7A dan 7C yang mendominasi juara yaitu juara 2 dan 3.

Dn: Wilda Zian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *