Seperti pergantian tahun-tahun ajaran sebelumnya, MTsN 2 Sidoarjo membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022-2023. PPDB di MTsN ini dibuka dengan tiga jalur pendaftaran. Pada satu sampai dengan 4 Maret dibuka pendaftaran jalur prestasi dan jalur tahfidz, dan pada 14 sampai dengan 16 Maret untuk jalur reguler. Banyak yang membuat PPDB tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Tahun lalu, tes maupun pendaftaran PPDB dilakukan secara online karena adanya Covid-19. Namun sekarang, tes telah dilakukan secara langsung melalui tatap muka. Untuk PPDB tahun ini pada dasarnya hampir sama. Pihak madrasah tetap mengacu pada undang-undang dari pemerintah yaitu Surat Edaran tentang Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah Tahun Ajaran 2022-2023.

Pada jalur prestasi pendaftar mempunya dua pilihan masuk, yaitu melalui nilai akademik atau melalui prestasi non akademik. Nilai akademik didasarkan pada prestasi pendaftar dari nilia raport, sedang non akademik didasarkan pada prestasi khusus pada perlombaan-perlombaan dengan menunjukkan sertifikat lomba yang mereka miliki. Perlombaan inipun panitia juga mempunyai persyaratan minimal tingkat perlombaan. Sedangkan jalur tahfidz digunakan untuk siswa yang mempunyai hafalan Al-Qur’an minimal 1 juz. 

Mekanisme  pelaksanaan PPDB tahun ini dimulai dari penyebaran brosur melalui website atau media sosial lainnya oleh humas Madrasah. Setelah calon mendaftar secara online, akan ada pemanggilan ke sekolah untuk verifikasi berkas, mulai dari rapor, data- data pribadi, akta kelahiran, Kartu Keluarga, Ijazah dan lain sebagainya untuk menentukan hasil nilai. Setelah mendaftar online dan verifikasi berkas , calon peserta mengikuti tes. Tes  yang dilaksankan di MTsN 2 sendiri terdiri dari tes tulis dan tes baca Al-Qur’an. 

Materi yang diujikan pada ujian tulis disesuaikan dengan materi- materi yang nanti akan mereka pelajari di tingkat SMP. Materi tersebut diantaranya Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PKN. Tes tulis dilaksanakan kurang lebih 1 jam yang dilaksanakan pada 09 Maret untuk jalur prestasi dan tahfidz, sedang di jalur reguler dilaksanakan pada 19 Maret 2022. Setelah menyelesaikan tes tulis, peserta melanjutkan tes baca Al-Qur’an. 

Menurut Ibu Wiwik selaku penguji tes Al- Qur’an, hal – hal yang perlu diperhatikan saat tes baca Al-Qur’an salah satunya adalah kelancaran saat membaca, yang sesuai dengan kaidah- kaidah yang sudah ditentukan, yaitu ilmu tajwid, baik makhraj hurufnya dan tajwidnya. Tes  ini sangat penting karena termasuk syarat untuk masuk MTsN 2 sidoarjo. Pengumuman dilakukan pada website madrasah dan media social lainnya. Usai dinyatakan lolos, maka dilakukan daftar ulang. 

Tes PPDB tahun ini telah mematuhi standar protokol kesehatan. 

“Tes ini telah mematuhi protokol kesehatan yang baik. Kami diarahkan untuk mencuci tangan dan mengecek suhu badan sebelum mengerjakan tes, kami juga dilarang untuk berkerumun”, jelas salah satu peserta. 

Harapan kedepanya menurut Bapak Kambali selaku Waka Kesiswaan sekaligus koordinator PPDB,  semoga MTsN 2 Sidoarjo diterima sepenuh hati oleh orang tua wali murid dan masyarakat sekitar, dan semoga murid MTsN 2 Sidoarjo semakin berkualitas dan mau berkembang. Masih menurut beliau, pada tahun ajaran 2022/2023 ini MTsN 2 Sidoarjo menerima 308 peserta didik baru pada jalur prestasi dan tahfidz, dan 280 peserta didik baru pada jalur reguler.

Oleh: Zasqia Wahyu A. 7a & Naswa Al Mirah 7a

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *