Sidoarjo – Dalam semangat membina generasi muda yang tangguh, cerdas, dan berkarakter, Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sidoarjo (MTsN 2 Sidoarjo) sukses menggelar perkemahan akbar jenjang kelas 8 dengan sebutan Jumpara (Jumpa Aksi Karana) pada tanggal 17-19 September 2024. Kegiatan yang berpusat di Camping Ground Wisata Alam Nogosari, Pacet, Mojokerto ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 8 dan melibatkan seluruh tenaga pendidik serta staf sekolah. Dengan tema “Generasi Emas, Cerdas, Tangkas, dan Trengginas, Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI”, perkemahan ini bertujuan untuk membekali siswa dengan berbagai keterampilan kepramukaan, melatih jiwa kepemimpinan, serta menumbuhkan semangat kebersamaan dan gotong royong, Ujar Elly Mufidah, M.Pd.I selaku panitia acara.

Perjalanan Menuju Alam Bebas dimulai Hari Selasa, 17 September 2024. Sebanyak kurang lebih 325 siswa berangkat menuju lokasi perkemahan oleh Kepala Plt MTsN 2 Sidoarjo Achmas Saifullah.,M.Pd.I di lapangan madrasah. Siswa diarak menggunakan 10 truk TNI didampingi kelas IX menuju lokasi camping ground. Sesampainya di lokasi, mereka bergotong royong mendirikan tenda dan mempersiapkan segala keperluan selama perkemahan. Serangkaian Kegiatan Menarik selama tiga hari, peserta Jumpara mengikuti berbagai kegiatan menarik, seperti: Lomba Kepramukaan, terdapat semaphore, sandi, Keterampilan Indera Manusia, pionering, hingga lomba memasak.Kegiatan outbound yang menantang melatih keberanian dan kerja sama tim dalam kelompok.

Perayaan Api unggun menjadi momen yang paling dinantikan. Di sekitar api unggun, peserta menampilkan berbagai pertunjukan seni dan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan regunya. Sebagai kegiatan penutup, peserta diajak mengunjungi air terjun, dan berenang di sekitar lokasi perkemahan untuk menyegarkan diri dan menikmati keindahan alam. Dalam membentuk Karakter generasi muda perkemahan Jumpara tidak hanya sekedar kegiatan rekreasi, tetapi juga menjadi ajang untuk membentuk karakter generasi muda yang tangguh, mandiri, dan berakhlak mulia. Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa-siswi MTsN 2 Sidoarjo dapat tumbuh menjadi generasi penerus bangsa yang siap menghadapi tantangan zaman.“Kegiatan Jumpara ini merupakan salah satu bentuk upaya kami dalam mencetak generasi emas yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki jiwa kepemimpinan, kepedulian sosial, dan semangat nasionalisme,” ujar Waka Kesiswaan MTsN 2 Sidoarjo sekaligus ketua panitia, Drs.Kambali, M.Pd.I.

Perkemahan Jumpara 2024 berhasil digelar dengan sukses dan meninggalkan kesan yang mendalam bagi seluruh peserta. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman yang berharga bagi siswa, tetapi juga mempererat tali silaturahmi antara siswa, guru, dan staf sekolah. ” Saya masih ingat bagaimana kami tidur berdesakan, memasak nasi yang air kukusannya hampir habis, dan sholat berlandaskan tanah miring pegunungan, ujar Faishal Aby 8A selaku peserta Jumpara. Dengan semangat yang sama, diharapkan kegiatan serupa dapat terus diselenggarakan di tahun-tahun mendatang sehingga dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perkembangan pendidikan dan kualitas individu.

Oleh : Nur Ahmad Muzakki S.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *