Tahun ajaran 2022/2023 ini siswa -siswi kelas Vll MTsN 2 Sidoarjo kembali mempelajari P5 dan P2RA dengan tema Kebhinekaan. Pada pembelajaran P5 dan P2RA, fasilitator setiap kelompok menyelipkan materi moderasi beragama. Modersi beragama sangat penting untuk ditanamkan kepada remaja awal supaya tercipta suasana yang harmonis dan bermindset tawasuth antara peserta didik, guru, dan juga masyarakat  juga untuk menciptakan rasa aman dan tentram di dalam lingkungan sekolah maupun  lingkungan masyarakat. Moderasi beragama memiliki pengertian yakni, sikap saling menghormati dan menghargai penganut agama yang lain. Sikap toleransi antar sesama penganut agama dengan tidak mengikuti ajarannya. 

Moderasi beragama memiliki beberapa prinsip nilai yaitu : keberadaban, keteladanan, kewarganegaraan dan kebangsaan, mengambil jalan tengah, berimbang, adil dan konsisten, kesetaraan, musyawarah, toleransi, dinamis dan inovatif. Dari beberapa prinsip moderasi beragama, para peserta didik juga mempelajari berbagai karakter yang sesuai dengan prinsip moderasi beragama, contohnya perspektif gender yang sesuai dengan prinsip kesetaraan, jujur dan bertanggung jawab yang sesuai dengan prinsip adil dan konsisten, sikap terbuka dan cinta perdamaian yang sesuai dengan prinsip Toleransi.

 Para siswa- siswi dapat menjelaskan tentang salah satu prinsip, contohnya kelas 7E kelompok 3 yang mendapatkan tugas untuk menjelaskan tentang prinsip kesetaraan. Mereka memulai unjuk tersebut dengan menguasai kompetensi pengertian, penerapan sikap, karakter, dampak positif dan negatif. Penjelasan tadi diaplikasikan ke media kertas dan dipresentasikan. Para murid diajarkan poin- poin moderasi beragama dan penerapan sikap dalam kehidupan sehari hari. 

Kami sangat berharap muda mudi mampu menerapkan sikap toleransi,dan menyelesaikan masalah dengan prinsip moderasi beragama dimanapun ia berpijak.

Penulis: Nadya Maheswari 7E

Editor: Wilda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *