Awal Februari 2023 menjadi momentum istimewa bagi Ekskul Jurnalistik MTsNegeri 2 Sidoarjo, pasalnya mereka terlihat merombak Mading sekolah yang berada di sisi depan kantor tata usaha. Menurut Aisyah 7A sebagai salah satu pembuat Mading tersebut, kali ini kami akan mengangkat tema tentang Tokoh sentral Wayang yaitu Werkudara.

Mengingat kelas 7 sudah mendapatkan beberapa lakon cerita dalam Mahabarata, mereka mencoba mengkreasikan ide-ide mereka dengan wujud majalah dinding. Dibawah bimbingan guru basa Jawa, mereka menyusun konten dan lay out yang tepat untuk pemandangan majalah dinding yang menarik. “Kami memilih nada warna hitam dan kuning, hitam melambangkan mistisme dan kuning berarti suci, keceriaan dan religiusitas”, sambung Wilda Sebagai pendamping dan pengarah pembuatan mading. Mading yang dibuat pada pertengahan Januari tersebut berhasil memberikan beberapa penggalan informasi penting terkait siapa itu Werkudara, siapa Bima, apa latar belakangnya dan lakon Dewa Rucinya yang terkenal.

Selain itu terdapat juga berbagai informasi penting terkait rincian yang terdapat di tubuh wayang, dan peralatan apa saja yang dibutuhkan jika kita hendak menanggap atau menyajikan pertunjukan wayang.

Selian mengangkat tokoh Werkudara, terdapat beberapa sudut Mading di sekolah lainnya yang menceritakan tentang kisah Arjuna ataupun Permadi di masa mudanya. Mading tersebut merupakan tugas basa Jawa yang mendapat apresiasi dari best visual dan content, pemenangnya adalah kelas 7E yang dipelopori oleh Elmira.

Dn : Wilda Y

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *